Berbagai Jenis BAKSO berdasarkan Bahan Baku, Bentuk dan Isiannya


Bakso, sebuah makanan yang rasanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan di seluruh penjuru nusantara tidak sulit menemukan makanan yang satu ini.

Bakso sebenarnya berasal dari China. Bakso terdiri dari ‘Bak’ dan ‘So’ yang jika diterjemahkan secara harfiah berarti ‘daging giling’.

Seiring perkembangan zaman, bakso pun semakin banyak variannya. Baik dari bahan bakunya, bentuk maupun isiannya.

Berikut beberapa jenis bakso yang sering kita jumpai di sekitar.

Menurut bahan baku

1.       Bakso Sapi

Bakso yang terbuat dari daging sapi, digiling bersamaan dengan tepung dan bumbu pelengkap lainnya. Bakso sapi memiliki tekstur yang kenyal. Umumnya memiliki kadar protein minim 8%.

 Bakso sapi biasa dihidangkan dengan kuah, ditambah dengan mie ataupun bihun, lebih lengkaplagi dengan tambahan saus dan kecap.

2.       Bakso Ayam

Tidak berbeda jauh dari bakso sapi, bakso ayam juga bertekstur kenyal.  Bakso ayam memang jarang  ditemukan di warung-warung bakso. Tapi jangan khawatir, bakso ayam banyak dijual di toko-toko penjual makanan beku atau frozenfood.

3.       Bakso Ikan

Bakso ikan memiliki tekstur halus, dan biasanya berwarna agak putih. Ikan yang digunakan untuk membuat bakso ikan, bisa ikan apa saja, baik dari hasil penangkapan dari laut lepas maupun dari budidaya. Bakso ikan gampang dikenali karena baunya memang memiliki spesifik ikan.

 


Menurut bentuknya

1.       Bakso bulat

Bakso bulat merupakan bentuk standar dari bakso yang dijual pada umumnya. Bahkan ada lagunya ‘bakso bulat seperti bola pimpong’. Bakso bulat kadang juga jadi pelengkap untuk sajian mie ayam, pangsit, ataupun bakmi.

2.       Bakso kotak

Bakso kotak merupakan kreativitas penjualnya, namun hingga kini memiliki tempat tersendiri bagi penggemar bakso kotak. Rasa sama dengan bakso bulat, tapi sensasi memakannya berbeda karena bentuknya berbeda.

3.       Bakso raksasa

Sama halnya dengan bakso kotak, bakso raksasa juga merupakan kreativitas dari penjual. Biasanya bakso raksasa memiliki berbagai macam isian, seperti isi keju, telur, cabai rawit, dan daging urat. Ukuran bakso raksasa bervariasi, mulai dari sebesar kepalan tangan sampai ada yang melebihi besarnya bola basket.

 


Menurut isiannya

1.       Bakso telur

Varian bakso telur umumnya ada dua macam, yaitu bakso isi telur ayam, dan bakso isi telur puyuh. Telur yang digunakan adalah telur yang sudah direbus terlebih dahulu. Tujuannya agar lebih mudah untuk membentuk baksonya.

2.       Bakso mercon

Bakso mercon merupakan bakso dengan isian cabe rawit. Rasanya yang pedas menjadikannya primadona bagi yang suka memakan makanan pedas. Namun, tidak semua warung bakso menyediakan bakso mercon.

3.       Bakso keju

Senasib dengan bakso mercon, bakso isi keju tidak mudah didapatkan di warung sekitar. Biasanya bakso ini hanya dijual di warung bakso yang memang mengunggulkan bakso dengan varian isi. Keju yang digunakan yaitu keju cheddar dan keju mozzarella.

Komentar