AGAR BERTATAP MUKA DI SEKOLAH TETAP AMAN DI MASA PANDEMI, INI TIPSNYA!

By ila aswil - 11.34

Sudah lebih dari satu tahun kita berada di masa pandemi, banyak kegiatan yang terhambat karenanya. Salah satunya yaitu bersekolah. Sekolah harus dilakukan di rumah dengan cara daring yaitu menggunakan gawai/HP. Banyak siswa, guru maupun orangtua siswa yang mengeluh karena hal tersebut, hingga akhirnya sekarang setelah vaksin ditemukan, kegiatan tatap muka di sekolah sudah boleh dilakukan meskipun dengan berbagai macam protokol kesehatan yang harus dipenuhi.

 

Berikut beberapa persiapan ataupun tips dalam menjalankan sekolah tatap muka di masa pandemi.

 Cek Suhu Tubuh Sebelum Berangkat Ke Sekolah

Sebelum ke sekolah, ada baiknya mengecek suhu tubuh terlebih dahulu. Apakah suhu tubuh normal atau sedang panas. Kalau merasa badan panas atau mengalami demam, sebaiknya jangan ke sekolah. Selain untuk menghindari penularan virus, juga agar tubuh cepat fit.

 Cek Suhu Tubuh Saat Tiba Di Sekolah

 

Kalau merasa sehat dan fit untuk ke sekolah, jangan lupa saat sampai di sekolah, minta bantuan petugas sekolah untuk mengukur suhu badan dengan thermogun. Setiap sekolah yang sudah siap melaksanakan tatap muka di sekolah pasti memiliki alat ukur suhu tubuh tersebut.

 Gunakan Masker


 

Saat berada di lingkungan sekolah, jangan pernah melepas masker kecuali merasa sesak. Jika sesak, carilah tempat sejuk dan aman untuk melepas masker, bisa di taman atau tempat-tempat yang memiliki banyak pohon dan tidak ada kerumunan orang.

 Rajin Cuci Tangan


 

Selain wajib memiliki thermogun, sekolah juga wajib menyediakan fasilitas cuci tangan. Dengan adanya fasilitas ini, maka diharapkan seluruh yang datang sekolah sesering mungkin untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir agar kuman, bakteri ataupun virus yang menempel ditangan hilang.

 Bawa Hand Senitizer


 

Jika merasa berat untuk selalu cuci tangan, maka jangan lupa untuk menggunakan hand senitizer. Ini juga ampuh untuk menghilangkan kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit.

 Bawa Bekal Sendiri

Di masa pandemi seperti ini, tidak disarankan untuk jajan ataupun makan sembarangan. Oleh karena itu, bawalah bekal sendiri dari rumah. Makanan dari rumah terjamin higenis dan sehat. 

Jaga Jarak dengan Orang Lain

Usahakan agar selalu menjaga jarang aman dengan orang lain di lingkungan sekolah. Jangan melakukan kegiatan yang berkerumun. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan virus melalui udara.

  • Share:

You Might Also Like

19 komentar

  1. Foto siswa bawa bekal, mana...?

    BalasHapus
  2. Masker, limbah maskernya bgmn

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah kak di sekolah saya masih semi-PJJ saat belajar di sekolah, artinya kadang online dan offline dari rumah. Nah, menjaga protokol kesehatan 3M penting ya, dan tetap mengonsumsi makanan bergizi termasuk bawa bekal dari rumah pastinya akan jauh lebih higienis.

    Makasih sharingnya ibu Ila. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Wah siap siap neh anakku juga mau mulai sekolah tatap muka, jaga kesehatan , sedia selalu hand sanitizer di tas anak juga selalu bawa bekal sendiri.

    BalasHapus
  5. Beberapa dari sekolah memang sudah offline ya. Yang penting memang harus tetap menjaga protokol kesehatan karena saat ini kasus semakin banyak

    BalasHapus
  6. kemarin anak-anakku tatap muka terbatas, seminggu 3x. tapi semenjak ba'da lebaran dan kasus covid meningkat mereka kembali daring. pas tatap muka kemarin tips-tips di atas wajib di lakukan biar aman.

    BalasHapus
  7. Anak saya SD kelas 5 sudah setahun belajar di rumah di Depok. Masih belum tau kapan tatap muka dilakukan. Tapi alhamdulillah ya, anak saya ngerjain semua tugasnya sendiri, nggak ngerepotin saya dan mamahnya. Kecuali kalau udah mentog banget nggak bisa, baru deh dia nanya saya.

    Kata dia pengennya sih sekolah ketemu teman-teman dan main bareng di sekolah, tapi masih belum bisa tatap muka.

    Tipsnya saya simpan nih, keren-keren banget strateginya, demi kesehatan dan keselamatan bersama ya, harus tetap patuhi prokes.

    Thanks for sharing it

    BalasHapus
  8. Sekolah anak-anakku udah pada tatap muka. Tapi yah emang ketat banget apalagi masih kinder. Kadang ada temennya yang maskernya merosot. Jadi tetep harus sering diingetin. Tapi sekelas ngga sampai 5 anak sih cuma 2-3 aja.

    BalasHapus
  9. Memang, itu adalah standar atau protokol kesehatan di sekolah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan air bersih. Sebab, tidak setiap sekolah memiliki persediaan air yang cukup.

    Selain itu, jaga jarak antarmurid. Mungkin bisa di dalam kelas diatur jaraknya, tapi namanya anak-anak, ketika jajan atau bermain bersama, tanpa ada jarak lagi. Yah, semoga baik-baik saja semuanya, lah. Ya, orang tua, anak, termasuk juga guru-gurunya.

    BalasHapus
  10. Saya termasuk yang cemas tapi harus menerima keputusan masuk sekolah. Apalagi sekarang tes akhir. Kelihatannya di sini tidak ada cek suhu karena dua anak saya sedang flu dan tetap masuk. Huhuhu
    Malah curhat, ya.
    Tapi begitulah, yang penting sama-sama jaga diri dan orang/teman sekolah di sekitar kita.

    BalasHapus
  11. Bau-baunya bentar lagi mau ada kelas tatap muka ya. Apalagi Mas Menteri Nadiem beberapa waktu lalu celoteh, kalo mall udah dibuka, ya berarti sekolah juga udah boleh dibuka dong. Hihihi. Masih deg-degan pasti semua orang tua.

    BalasHapus
  12. Karena anakku masih kelas 2 SD, aku sih termasuk ortu yang belom setuju sih sekolah tatap muka mba, klo utk kelas 6 SD ke atas, okelah yaa sudah lebih aware dan ngerti prokes di sekolah

    BalasHapus
  13. anakku juga mulai sekolah tatap muka dan cuma 2x seminggu. itupun cuma 2,5 jam. ALHAMDULILLAH semua protkes juga dilaksanakan

    BalasHapus
  14. Wacana tatap muka di sekolah agaknya masih jadi perdebatan panjang nih di negeri kita, Mbak. Tapi paling tidak, pun jika jadi tatap muka, cara-cara di atas bisa bahkan harus dilakukan agar guru, murid dan seluruh isi sekolah aman.

    BalasHapus
  15. Di kota saya beberapa udah mulai sekolah tatap muka namun atas persetujuan orang tua terlebih dahulu. Tapi di sekolah anak saya masih tetap daring mungkin nanti pas ajaran baru mulai diadakan sekolah tatap muka

    BalasHapus
  16. Di kampung kami juga lagi persiapan sekolah offline nih. Guru-guru udah mulai vaksin. Semoga saat offline nanti semuanya berjalan lancar.

    BalasHapus
  17. stay safe and stay healthy ya teman-teman :D

    BalasHapus
  18. Ngeri2 sedap sekolah tatap muka mau dimulai lagi... tapi gmana juga ya kak... sampai kapan kita juga belum tahu kapan pandemi selesai..sepertinya kalau kita semua disiplin prokes... memeriksa tubuh sebelum dan seshdah tiba... pakai masker..jaga jarak dan bawa bekal sendiri dan menghindari keramaian... asal semua disiplin.. saya yakin bisa cepat selesai pandemi ini

    BalasHapus