Warung Coto Bintang Timur, Palattae

By ila aswil - 12.47

Pasti sudah tidak asing lagi dong dengan makanan yang satu ini.

Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari daging sapi serta jeroannya  yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Kali ini saya akan sedikit me-review hidangan coto Makassar yang ada di kampung saya. Ya, meskipun jarak warungnya lumayan jauh dari rumah, sekitar 12Km.

Warung coto Bintang timur. Openingnya baru beberapa hari yang lalu. Letaknya di pusat kota kecamatan kahu, Kabupaten Bone, Palattae.

Saya tipe orang yang kalau makan coto, suka kuahnya yang tidak terlalu kental. Dan di warung ini, pas saya menemukannya. enak!  

Isiannya banyak. Gak pelit sama sekali. Saking banyaknya isinya, kuahnya yang duluan habis, jadi saya minta refil kuah. Eh, malah dikasi satu mangkuk kuah dan ternyata gratis geng refil kuahnya. Mantap gak tuh. hahaha

Kuahnya tanpa campuran apapun sudah nikmat. Tapi bagi yang suka asin, mungkin butuh tambahan garam deh. Tapi tenang... sudah disediain garam plus sambalnya, yang pedasnya juara. Kalau aku sih cuma berani kasih satu tetes saking pedasnya.

Kalau masalah harga, menurutku murah ya, hanya Rp.17.000 per porsi, ketupat Rp.2.000 satu. Ketupatnya lumayan gede, kalau saya, cuma bisa makan satu, paling banyak satu setengah, belum pernah bisa habisin dua ketupat. Terus ketupatnya dari daun pandan, jadi haruuuum bangeeet.  


Aduh, pas menulis ini, nelan-nelan ludah, saking ngilernya pengen lagi. hahahah udah ya, see you ~

  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aduh setelah baca jadi ingin makan Coto

    BalasHapus
  2. Ya Allah mbaaa, baca ini sore sore jadi ingin nyemil soto. Hehehe. Aku suka banget coto walau untuk makannya harus aku batasi karena takut juga kolesterol. semoga bisa deh ke palattae

    BalasHapus
  3. dagingnya banyak banget, ketupat dengan kulit daun pandan? pasti wangi dan rasanya makin enak tuh

    BalasHapus
  4. Wah, mantep banget makan coto sama ketupat. Isinya juga banyak. Makin lega pas makan.

    BalasHapus
  5. Biasanya sih, kalau makan coto, gratis nambah ketupat berapapun. Di tempatku, harga 20 ribu, kalau nggak salah, ketupat gratis. Tapi minumnya bayar, cuma ada air mineral gelas. Pernah makan ketupat sampai 4. Lumayan, lah. Gak mau rugi, mumpung ketupatnya gratis. Hehe...

    BalasHapus
  6. Wah belum pernah nih makan coto makassar langsung di tempatnya, kl di kota saya ada juga mbak, hmmm lezatoss deh... Coto Bintang Timur di Palattae ya noted. Siapa tahu ada rezeki jalan2 ke sana, kan bs mampir yaa

    BalasHapus
  7. Bisa refill juga ya..hehe...klo ke sana minta refill juga lah. Hehe...tampilannya sangat menggiurkan...:)

    BalasHapus
  8. Coto Makassar ahhh jadi kangen banget deh nih makanan ini, makan pas segar panas-panas bikin suasana hati selalu happy. Boleh jadi rekomendasi Coto Bintang Timur palatte kalau ke Makassar.

    BalasHapus