Tiga Pertanyaan Imam Al-Gazali

By ila aswil - 6:18 AM

22 Ramadhan 


Hari ini ceramah (saya anggap kuliah sih, soalnya pak ustads menyampaikannya tdk berasa diceramahi tapi diajari) subuhnya tentang pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan Imam Al-Gazali ke murid-muridnya.

Berikut yang disampaikan pak ustads

Pertanyaan pertama yaitu, 'Apa hal paling dekat dengan kita'. Murid-muridnya pun langsung bergantian menjawab, ada yang menjawab orangtua, ada yang menjawab saudara, ada yang menjawab pakaian, dan lain-lainnya yang mereka anggap dekat dengan mereka. Tapi ternyata kata Imam Al-Gazali, yang paling dekat dengan kita adalah 'Kematian'.
Kematian adalah hal yang paling dekat karena kita tidak bisa menebak kapan ia datang. Kematian ada di sekitar kita, bahkan bisa saja di detik berikutnya menghampiri kita.

Pertanyaan kedua yaitu, "Apa halyang paling jauh dari kita?". Murid-murid dengan cepat menjawab, Amerika. Eropa. Bintang. Bulan. Matahari. Dan lain-lainnya. Tapi kata Imam Al-Gazali, hal yang paling jauh dari kita adalah 'Masa Lalu'. Masa lalu menjadi hal yang sangat jauh karena kita tidak bisa ke sana. Secanggih apapun pesawat ataupun kendaraannya, kita tidak bisa kembali ke beberapa tahun lalu, bahkan beberapa menit yang lalu.

Pertanyaan ketiga yaitu, "Apa hal yang paling besar di dunia ini?". Murid-muridnya menjawab, Gajah. Ada juga yang menjawab gunung. Juga ada yang menjawab dunia ini. Tapi ternyata Imam Al-Gazali mengatakan bahwa hal yang paling besar di dunia ini adalah 'Hawa Nafsu'. Saking besarnya hawa nafsu, sebagian besar manusia susah untuk menaklukkannya. Banyak yang terseret mengikuti hawa nafsu. Sehingga manusia yang bisa mengendalikan hawa nafsunya insyaAllah akan diberi balasan kebaikan yang sangaaaaaat besar.


Semoga bisa menambah wawasan teman-teman... thankyou for reading ~ ❤️

  • Share:

You Might Also Like

1 comments