Peralatan Konten Kreator Bagi Pemula

Akhir-akhir ini media sosial terutama facebook, berandanya dibanjiri oleh para konten kreator, mereka berlomba-lomba membuat reels untuk meingkatkan perorma akun agar segera di monetisasi dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sebenarnya konten kreator sudah ada sejak beberapa tahun belakang, terutama di platform youtube dan tiktok, di sana sudah banyak lahir para creator. Tapi untuk di Facebook, baru akhir-akhir ini booming karena juga menyediakan monetisasi di dasbor professional.

Sebelum melangkah lebih jauh, kita kenalan dulu dengan istilah ‘konten kreator’. Konten kreator (conten creator)  adalah seseorang yang berokus pada pembuatan konten, baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, audio,  video, atau bentuk lainnya yang bersifat kreatif. Sebagian besar para kreator menyebarkan konten mereka di berbagai platform, seperti Youtube, Instagram, blog, ebook, facebook, dan lainnya.

Untuk menjadi konten kreator, dibutuhkan beberapa peralatan pendukung yang wajib dimiliki,

Kamera

Kebutuhan merekam, maka sangat diperlukan kamera sebagai alat perekam. Saat ini, sudah sangat banyak pilihan kamera, mulai dari yang ukurannya sangat kecil hingga yang tidak mampu dipikul dengan satu tangan. Jika anda pemula, tidak perlu menggunakan kamera yang rumit, cukup yang sederhana saja. jika bingung memilih kamera, silakan lakukan survey secara online di google ataupun langsung ke toko kamera.

Smartphone

Alat ini yang paling banyak digunakan kreator pemula. Penggunaan yang praktis, membuat pengguna lebih cendrung menggunakan smartphone dalam merekam daripada kamera. Tapi yaa, resolusi yang diberikan bergantung dari tipenya juga. Dalam memilih smartphone bagi pemula, pilihlah yang beresolusi tinggi, juga memiliki ram atau penyimpanan tinggi minimal 4GB.

Tripod

Alat ini sangat berguna dalam pengambilan gambar ataupun video. Bisa dibilang, bagi konten creator, alat ini wajib dimiliki. Jika tidak bersama orang lain, alat ini bisa digunakan dan hasilnya akan lebih stabil dan tidak goyang.

Mikrofon

Saat membuat konten terutama video dan dilakukan diluar ruangan, kadang suaranya kurang jelas jika hanya mengandalkan suara dari kamera atau smartphone itu sendiri. Untuk itu, disarankan menggunakan microphone agar hasil audionya jelas dan jernih.

Ringlight

Untuk para kreator yang berokus membuat konten tutorial atau daily vlog di rumah atau di dalam ruangan, sebaiknya menggunakan ringlight untuk membantu pencahayaan gambar ataupun  video. Video yang jelas dan terang akan membuat penontonnya puas, daripada video yang dishare buram dan pencahayaannya buruk membuat penonton kadang mengskipnya.

Itulah beberapa peralatan konten kreator yang wajid dimiliki seorang pemula. Lahirnya para kreator membuat dunia maya menjadi semakin ramai, terutama di youtube, instagram, blog dan facebook. Semoga para kretaor semakin sukses dan mampu menghasilkan pundi-pundi dari hasil ngonten.

*picture from google

Komentar