Kapan Terakhir Kamu Mendoakan Orang Lain Selain Dirimu Sendiri atau Keluargamu?

Ada satu kutipan dari novel ‘Teman Imaji’ karya Mutia Prawitsari yang sampai sekarang melekat di benak saya. Kalimatnya begini : Terima kasih terbaik adalah mendoakan.

Apakah ada yang pernah mendoakan orang lain saat ia berterima kasih? Saya rasa jarang ya, paling sering yaa mengucapkan kalimat terma kasih atau thankyou ke orangnya langsung, tanpa ada tambahan apapun. Tapi bisa jadi kalau bantuan yang diberikannya sangat membantu mungkin diikuti dengan beberapa kalimat, semoga sehat selalu ya, atau semoga panjang umur, atau jika dipinjami uang atau ditraktir, orang yang mendapat traktiran berkata, terima kasih yaa semoga rezekinya makin berlimpah.

Tapi pernahkah kita benar-benar mendoakan orang lain selain diri sendiri dan keluarga sendiri dengan sebenar-benarnya doa setelah beribadah?

Sebagai seorang muslim, saya paham betul bahwa Islam sangat menganjurkan untuk berdoa karena dengan doa ummat muslim bisa terhubung langsung dengan Allah SWT. Di dalam Al-quran surah Ghafir ayat 60, Allah SWT berfirman yang artinya : “Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepadaKu, niscaya akan aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepadaKu akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Untuk itu, marilah perbanyak berdoa, jangan jadi sombong dan tidak pernah berdoa, merasa dirinya hebat sendiri tanpa bantuan Allah SWT, Astagirullah…

Jika diantara kita setiap saat, setiap harinya berdoa, pasti isi doanya hanya untuk diri sendiri dan keluarga saja. Apakah pernah isi doa kita untuk orang lain, apalagi bila orang yang didoakan juga tidak mengetahui bahwa kita mendoakannya. Pasti jarang, kan ya…

Padahal keutamaan mendoakan sesama muslim disebutkan dalam salah satu hadist riwayat Muslim : “Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya itu kecuali malaikat berkata, ‘Dan untuk kamu juga seperti itu’.” (HR Muslim)

Nah, tuh kan, kalau kita mendoakan orang lain maka kita pun mendapatkan apa yang seperti kita doakan untuk orang lain. Kalau kita lagi mendoakan teman yang sedang susun skripsi agar dilancarkan penyusunan skirpsinya, kita yang sedang berjuang skripsi pun akan mendapatkan kemudahan. Kalau kita mendoakan orang lain yang sedang sakit agar segera sembuh, malaikat ikut mendoakan kesehatan kita . MasyaAllah…

Saya pernah membacanya entah dimana, maaf saya lupa, kalau mendoakan sesama muslim termasuk jenis doa yang mustajab atau cepat terkabulkan. Jadi, jangan pelit doa untuk orang lain, apalagi untuk sesama muslim. Kebaikannya akan kembali ke kita juga, insyaAllah.

Bingung mau mendoakan apa untuk orang lain? Mari kita buka Al-quran dan baca surah Ibrahim ayat 41. Saya cantumkan artinya saja ya, nanti bacaannya kita lihat masing-masing di dalam Al-quran jika belum menghafalnya.

“Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orangtuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan (hari kiamat).”

Komentar