PERHATIAN! RAHASIA CARA BELAJAR PALING EFEKTIF

By ila aswil - 09.29

 
Banyak sekali cara dan metode belajar yang dapat kamu gunakan untuk belajar. Tapi tahukah kamu cara belajar yang paling efektif?

Kami percaya bahwa cara terbaik dan paling efektif adalah mengajarkan kembali ilmu yang telah dikuasai. Kenapa? Karena saat kita mengajar orang lain, secara otomatis otak kita akan mengumpulkan ingatan-ingatan yang ada kaitannya dengan pelajaran yang kita ajarkan 

Ketika kita belajar dan memperoleh suatu informasi baru, kondisi terbaik kita untuk mengingatnya secara sempurna adalah ketika kita baru saja selesai mempelajarinya. Seiring berjalannya waktu, ingatan akan informasi baru itu akan turun, melemah, hingga menjadi lupa.  

Lalu bagaimana cara terbaik untuk terus mengingatnya? Cara terbaiknya adalah dengan melakukan pengulangan. Pengulangan terhadap sesuatu atau sebuah informasi, akan membuat informasi itu melekat selamanya di otak anda. 

Namun, melakukan pengulangan dengan cara yang sama dengan sebelumnya akan membuat anda merasa bosan. Apalagi jika dilakukan sendiri.

Cobalah metode ini, lakukan pengulangan bersama orang lain. Beritahu informasi yang kamu ketahui kepada orang lain. Ajarkan mereka apa yang kamu sedang atau telah pelajari agar pelajaran itu melekat selamanya di otak kamu.

Mengajarkan kepada orang lain akan lebih memperjelas dan memperdalam apa yang kamu pelajari. Selain itu, dengan mengajarkan kepada orang lain, maka akan terjadi interaksi antara kamu dan orang yang kamu ajar. Tanpa disadari, akan ada hal baru yang kalian temukan dan hal tersebut menjadi informasi baru tambahan selain apa yang kamu ajarkan ke orang lain.

Belajar dengan cara mengajarkan kembali kepada orang lain juga akan membuat kamu tidak menyia-nyiakan waktu kamu di dunia. Selain mendapat ilmu, kamu juga akan mendapat pahala karena telah menolong orang lain untuk mengetahui suatu informasi baru.

“Barang siapa yang menyampaikan satu ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun orang yang menyampaikannya sudah tiada (meninggal), ia akan tetap memperoleh pahala.” (HR Al-Bukhari) 

Bayangkan ilmu yang kamu pelajari bukan hanya bermanfaat bagi kamu sendiri tetapi juga untuk orang lain. Sekarang bukan zamannya belajar hanya untuk bisa, tetapi sekarang zamannya belajar untuk juga dapat mengajarkan kembali ke orang lain.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Selain diajarkan, ilmu juga bisa bertahan kalau ditulis. 👍🏻

    BalasHapus