Resep Martabak Mini, Simpel dan Enak.

By ila aswil - 08.54


Berawal dari keisenganku cekout 'glaze elmer' di shopee. Karena penasaran sama toping-toping jajanan kekinian, jadi saya juga membelinya. Setelah paket datang, saya bingung mau diapakan toping ini. hahaha

Mau bikin donat, prosesenya lama, mau bikin banana roll/nuget, tidak ada pisang. Tiba-tiba kepikiran untuk membuat martabak, tapi versi mini. Kebetulan di rumah juga ada alat panggang martabak mini.

Ok, berikut caranya...

Aktifkan ragi terlebih dahulu. 

1 sdm ragi

1/2 sdm gula pasir

50 ml air hangat

(Campur semua bahan diatas, aduk rata, lalu sisihkan)

Bahan Adonan...

200 gr Tepung Terigu (karena tidak punya alat timbang, jadi saya gunakan sendok, sebanyak 20 sendok tepung terigu)

3 sdm gula pasir 

1 butir telur

7 sendok makan margarin cair

200 ml air 

Cara Membuat...

Siapkan wadah berukuran besar. Kocok telur dan gula hingga bercampur (karena saya malas menggunakan mixer atau kocokan manual, saya hanya mengaduknya hahahah). Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Kemudian masukkan air. Aduk lagi. Setelah terlihat tercampur sempurna, masukkan ragi yang telah diaktifkan tadi. Aduk lagi. Lalu tambahkan margarin cair, aduk rata, diamkan selama 30 menit.

Proses Masak

Panaskan cetakan martabak mini, oleskan permukaannya dengan mentega. Tuangkan adonan ke dalamnya, tekan sedikit hingga membentuk pinggiran martabak. Jika adonan sudah terlihat bersarang/berlubang beri sedikit gula (ini bisa diskip jika ingin tidak terlalu manis). Tutup sebentar hingga martabak matang.

Penyajian...

Angkat martabak jika telah matang. olesi bagian atasnya dengan sedikit mentega, beri toping sesuai selera (kalau saya sukanya coklat dan greentea) atau taburi keju parut dan meses.


Jadi deh martabak mininya. Dijamin anti gagal. hahaha

 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar