Meminta maaf dan Memaafkan

By ila aswil - 10:15 PM


Setiap manusia di dunia
Pasti punya kesalahan
Tapi hanya yang pemberani
Yang mau mengakui
Setiap manusia di dunia
Pasti pernah sakit hati
Hanya yang berjiwa satria
Yang mau memaafkan

kalian pernah dengar lagu ini gak? lagunya Sherina. Kalau kalian pernah nonton film petualangan Sherina, pasti tahu. 

Manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan. Entah ia berbuat salah di masa lalu, di masa sekarang, atau di masa depan. Semua pasti pernah salah. Ada yang berbuat salah ke diri sendiri, ada pula yang berbuat salah ke orang lain.

Saat berbuat salah ke orang lain, hal yang pertama kali yang harus kita katakan adalah 'maaf'. Meminta maaf ada hal utama yang harus dilakukan saat melakukan kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Tapi tak jarang pula ada orang-orang yang enggan meminta maaf meskipun sadar bahwa dirinya salah. Kalau menurutku sih, mungkin mereka gengsi. Mereka takut dinilai rendah kalau meminta maaf. Padahal, meminta maaf tidak akan menurunkan nilai seseorang di hadapan Yang Kuasa. hehehe Meminta maafnya juga jangan kayak terpaksa, itu mah gak menyelesaikan masalah, malah dianggap gak tulus. Nanti korbannya malah tambah sakit hati.

Nah, untuk urusan memafkan, ini lebih sulit dari  meminta maaf. Kenapa sulit? yaa karena memaafkan memang tidak mudah, butuh proses dan perjuangan untuk melakukannya. Sebagai korban, hati pasti sangat teriris, sedih berkepanjangan. Benar kata Sherina, yang mampu memaafkan itu kesatria! Ketahuilah, bahwa memaafkan orang yang bersalah bukan hanya membuat mereka terlepas dari rasa bersalah, tapi membuat kita semakin bersyukur karena masih diberi kelapangan hati untuk memaafkan orang lain.

Sebagai seorang muslim, kita memang diajarkan untuk saling memaafkan. Allah SWT berfirman di banyak ayat dalam Al-quran, salah satunya dalam surah Al-A'raf ayat 199 yang artinya "Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang bodoh."

Saya menulis ini, bukan berarti saya expert dalam hal meminta maaf dan memaafkan. hihihi
saya juga manusia biasa yang kadang gengsi untuk meminta maaf dan tak jarang ngedumel kalau ada yang meminta maaf. Tapi karena jari lagi gatel pengen nulis dan beberapa saat yang lalu habis kepikiran sama seseorang yang meminta maaf atas masa lalunya yang harus dimaafkan. hahahha

Mm.. gak tahu mau nulis apa lagi. hahaha Terima kasih sudah berkunjung.

semoga Allah selalu menyayangi kita semua ~ ๐Ÿงก

  • Share:

You Might Also Like

0 comments