9 Cara Meningkatkan Daya ingat Otak dengan Cepat

By ila aswil - 5:58 PM

“Lupa eh”
“Wadduh saya lupa”
“Astagfirullah, saya lupa”
“Tadi ingat sih, tapi kok sekarang jadi lupa ya..”
“Di mana ya… lupa”

Pernah dengar kalimat-kalimat di atas, nggak? Pernah kan ya, sering malah. Zaman sekarang bukan cuma nenek kita aja yang sering pikun, tapi malah kita cucunya yang masih muda-muda sudah terjangkit pikun bahkan ada yang mengidap level parah.
Nah, berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat otak dengan cepat, agar terhindar dari pikun level parah.

1. Tulis 
Di zaman sekarang, kegiatan menulis dibagi menjadi dua, yaitu menulis di keyboard handphone atau komputer (mengetik) dan menulis tangan di kertas. Mana yang kalian senangi? Dua-duanya sih bagus, tapi kalau untuk daya ingat yang lebih mendalam lagi, menulis tangan lebih disarankan, karena seseorang yang menulis tangan akan lebih cermat dengan apa yang ditulisnya sehingga membangkitkan ingatan-ingatan.
Tapi. Jika kalian tidak ingin repot membawa buku dan pulpen, maka menulis dengan keyboard hp akan menjadi lebih praktis. Gunakan aplikasi catatan di smartphone kalian. 
Pokoknya, menulis sangat direkomendasikan untuk menyimpan ingatan anda agar tidak terlupa.

2. Gambar
Kalau kalian tipe orang yang tidak suka menulis, maka tingakatkan daya ingat kalian dengan gambar. Visualisasikan ingatan tersebut dengan gambar. Saat mengingat sesuatu informasi, bersamaan dengan suatu gambar, maka akan memudahkan otak untuk memanggil ingatan tersebut kembali. Misalnya saja, ketika selesai membaca komik, bagi yang senang dengan gambar, maka ia akan lebih mengingat gambar daripada teks komik tersebut, lalu otak akan bekerja untuk mengingat apa yang diceritakan dalam komik tersebut.


3. Ajarkan Orang Lain
Coba perhatikan ibu/bapak guru/dosen kita di sekolah atau di kampus, materi-materi yang mereka bawakan akan terlihat sangat mudah dan lancar, juga jarang yang mereka lupakan. Kenapa? Karena mereka sering mengatakannya. Sama halnya dengan seorang pengemban dakwah bias secara otomatis mengeluarkan dalil, karena terbiasa menyampaikannya.
Seperti pepatah yang mengatakan bahwa, semakin sering pisau diasah, maka akan semakin tajam. Juga sama halnya dengan ilmu atau ingatan, semakin sering kita ajarkan atau bicarakan ke orang lain, maka akan semakin kita mengingat dan menguasainya.

4. Audio 
Sadar tidak kalau lagu yang sering kita dengarkan berulang-ulang kadang secara otomatis kita senandungkan, padahal kita tidak berniat untuk menghafaknya. Nah, itulah kekuatan audio untuk daya ingat otak. Jadi, untuk membantu daya ingat otak agar tidak terkesan pelupa atau piku, coba deh rekam apa yang kalian ingin ingat atau tidak ingin kalian lupakan. Misalnya dalam sebuah seminar atau acara motivasi, jika kalian tidak suka mencatat, rekam saja. Nanti kalau dibutuhkan tinggal diputar ulang.

5. Hindari Makanan yang Manis-manis
Perhatikan teman, keluarga atau orang di sekitar yang suka ngemil makanan yang manis-manis, apalagi kalau jarang makan saur-sayuran hijau atau buah-buahan. Meraka sering lupa-lupa gitu kan? Karena semakin tinggi kadar gula yang dimiliki seseorang makan akan semakin tinggi pula tingkat penyusutan otak yang dia miliki. Makanya orang yang mengidap diabetes akan lebih mudah lupa.
So, cukup wajah kalian aja yang manis, jangan asupan makanannya yang terlalu manis. Gak mau pikun di masa muda kan?

6. Sarapan 
Loh, kok sarapan. Apa hubungannya dengan daya ingat? Pasti kalian bertanya seperti itu kan. Ok, sarapan itu penting banget, namun banyak orang yang menyepelekan sarapan. Selain bermanfaat untuk kesehatan, juga untuk kecerdasan dan daya ingat otak. 
Sarapan akan memberi otak bahan bakar dengan nutrisi-nutrisi yang diserap dari makanan yang dicerna pada pagi hari, untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dalam pemecahan masalah serta daya ingat otak. Kalau lapar, jadinya kita tidak bisa konsentrasi kan, jadinya tidak bisamengingat dengan tepat kan. Tapi sarapannya harus sesuai ya, harus yang sehat dan bergizi.

7. Olahraga
Olahraga sangat besar pengaruhnya dengan daya ingat kita loh. Karena salah satu yang membuat otak kita lebih mudah menghafal atau mengingat adalah karena cukupnya oksigen di dalam otak. Dengan berolahraga, peredaran darah yang membawa oksigen akan semakin lancar hingga ke otak, jadi supply oksigen dalam otak akan terpenuhi.

8. Konsumsi Makanan atau Suplemen yang Mengandung Nutrisi Bagus untuk Otak
Makanan yang baik untuk otak adalah makanan yang mengandung omega, vitamin e, antioksidan, dan nutrisi-nutrisi lainnya. Seperti, kacang, brokoli, ikan, telur, dll.
Untuk suplemen tambahan, kalian bias tanyakan di apotek terdekat. 

9. Jauhi Maksiat
Melakukan maksiat adalah hal yang menyenangkan. Mungkin itu yang dirasakan oleh kebanyakan manusia. Karena jika seseorang akan melakukan maksiat, setan sebagai sang penyeru maksiat akan terus menggodanya dan menghiasi maksiat itu dengan perhiasan sesaat sehingga ia mengira bahwa maksiat itu mengasyikkan.
Pernah, suatu waktu imam Syafi’I mau ke tem[at gurunya untuk menyetor hafalan. Saat melewati pasar, di depannya ada seorang wanita yang tiba-tiba pakaiannya tertiup angin dan betisnya kelihatan. Imam Syafi’I segera beristigfar karena tidak sengaja melihatnya. Sampainya beliau di rumah gurunya, hafalannya hilang satu kitab. Yup, satu kitab!
Lalu, bagaimana dengan kita yang sekarang terlalu sering melihat aurat? Pantas jadi anak muda pelupa.


*Seseorang ngasih tantangan buat nulis essai, dan tadaaa jadilah tulisan di atas. hahaha... meskipun masih rada umum dan sudah berjamur tips-tips yang seperti di atas, tapi saya senang bisa menulis sesuatu yang bermanfaat (tidak melulu curhatan atau keluhan hohoho). Tulisan di atas lebih kepada pengingat buat saya pribadi. saya sering lupa juga soalnya. hahahaha

  • Share:

You Might Also Like

0 comments